Satu Kebiasaan Penting Yang Perlu Kamu Lakukan

Ada satu kebiasaan penting. Sebagai pondasi untuk membuat kebiasaan lainnya.

Dipost yang pertama penulis menjelaskan sedikit tentang bagaimana membentuk kebiasaan positif baru, dan kebiasaan positif baru yang umum, kali ini penulis akan menjelaskan secara terperinci bagaimana cara membentuk kebiasaan baik.

Pertama identifikasi kebiasaan baru apa yang ingin kamu bentuk. Namun penulis menawarkan satu kebiasaan yang positif yang menjadi dasar untuk membentuk habit – habit positif lainnya.

Yaitu Meditasi.

Mengapa Meditasi?

Ya, seperti yang telah penulis paparkan di post sebelumnya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari kebiasaan meditasi. Namun mengapa penulis menganggap kebiasaan ini adalah yang paling penting dari semua kebiasaan yang lain?

  1. Dirimu akan menjadi lebih aware atau sadar apa yang ingin kamu lakukan sekarang ini. Dengan menjadi lebih sadar kamu akan lebih menyadari mana yang baik dan mana yang buruk bagimu. Mana kebiasaan yang menjadi prioritas dan mana yang bukan prioritas. Mana kebiasaan yang berguna dan mana yang membuang buang waktu.
  2. Meditasi mengurangi pikiran pikiran liar yang mengganggu terutama pikiran negatif. Pikiran negatif membuat langkah yang negatif. Langkah yang negatif membuat kebiasaan yang negatif. Jadi untuk mengenyahkan pikiran yang negatif, kamu perlu berlatih meditasi.

 

Berlatih meditasi tak perlu mencari guru meditasi yang berpengalaman (walaupun itu penulis saranakan). Kamu bisa melakukannya sendiri. Kamu bisa melakukannya dirumahmu, dikamarmu yang sepi. Rumahmu terlalu ramai? Tak masalah gunakan headset dengan suara alam, white noise, atau musik yang menentramkan.

Cara melakukan meditasi

Duduk dilantai dengan bantalan atau tikar, yang penting nyaman dikaki. Duduk bersilang kaki badan lurus dan tegap. Bernafaslah dan fokus pikiran dan perasaan pada nafasmu. Saat fokus pada nafasmu rasakan denyut jantungmu, dan rasakan sensasi di kulit. Rasakan kakimu menyentuh lantai. Rasakan udara disekitar, apakah dingin atau hangat.

Jika pikiranmu mulai tak fokus dan mulai memikirkan hal lain. Segera kembalikan perhatian ke nafas dan tubuh. Jangan panik atau merasa sulit melakukannya. Karena memang begitulan prosesnya. Pikiran akan selalu mencari hal yang menarik bagimu. Dan jika kamu menyadari pikiran mulai kemana mana. Segera kembalikan perhatian ke nafas dan tubuh.

Berlatih meditasi perlu waktu. Apalagi jika kamu seorang pemula. Namun kamu dapat memulainya dengan ukuran kecil. Mulailah dengan melakukan fokus nafas selama 1 menit dan setiap hari. Dari pada langsung melakukannya 30 menit namun hanya kamu lakukan sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close